Argopuro Trekking 4 Hari 3 Malam

Argopuro Trekking 4 Hari 3 Malam

Taman Hidup

Hari 1 : Transfer In – Baderan (Situbondo) – Mata air 2 – Camping.
Argopuro Trekking 4 Hari 3 Malam dimulai dari kota Surabaya/Malang pukul 05.00 pagi pada tempat yang telah disepakati (bandara/hotel/stasiun/terminal bus dll). Perjalanan menuju Basecamp pendakian Argopuro di desa Baderan, Situbondo. Tiba di desa Baderan, persiapan sebelum perjalanan panjang dan breafing (Desa Baderan berada pada ketinggian 560 meter di atas permukaan laut). Pukul 10.00 memulai pendakian, kita akan berjalan menyusuri daerah perladangan penduduk. Raungan motor-motor trail kadang melintas setiap saat melewati kita. Istirahat sejenak dan makan siang. Melanjutkan perjalanan menuju ke Mata air 2, setelah meninggalkan perladangan dan kita akan mulai memasuki hutan tropis. Perjalanan landai dengan variasi trek yang naik dan turun. Melewati beberapa savana yang begitu panjang dengan pohon-pohon pinus yang memagarinya seperti alun-alun kecil dan alun-alun besar. Daerah luas yang hampir selalu berkabut tiap menjelang senja. Tiba di Mata Air 2 di atas salah satu punggungan bukit. Camping, makan malam dan acara bebas. (B,L,D)

Hari 2 : Mata air 2 – Cikasur – Cisentor – Camping.
Makan pagi, setelah itu persiapan dan packing. Pukul 08.00 melanjutkan pendakian yang begitu panjang menuju ke Cikasur. Melewati rangkaian pegunungan Iyang di atas ketinggian 2000 meter dpl dengan variasi antara hutan pinus dan savana. Trek yang panjang disebabkan karena kita harus memutari beberapa punggungan bukit sebelum mencapai puncak Rengganis dan Argopuro. Naik turun lalu melewati savana yang begitu panjang dan datar. Diperkirakan siang hari tiba di alun-alun Cikasur yang ditandai dengan beberapa savana yang berjejer sebelumnya lalu dibatasi sebuah aliran sungai yang ditumbuhi oleh tumbuhan selada air, sejenis sayuran yang biasa dimakan oleh para pendaki Argopuro. Alun-alun Cikasur adalah bekas landasan pesawat kecil pada jaman penjajahan Jepang. Di sini pernah dilepas ratusan menjangan untuk konservasi satwa di pegunungan Iyang. Beberapa bekas landasan seluas 3 kali lapangan sepak bola masih tampak, dipagari oleh beberapa parit yang cukup besar. Sementara sisa-sisa reruntuhan bangunan Jepang masih teronggok ditumbuhi lumut dan semak-semak. Alun-alun ini dikelilingi oleh barisan hutan pinus yang sangat luas. Istirahat sejenak dan menikmati makan siang. Pukul 13.00 melanjutkan perjalanan menuju Cisentor dengan menempuh perjalanan yang cukup menanjak. Menyusuri hutan pinus yang sangat lebat. Jika beruntung, kita dapat melihat seekor unggas yang mirip kasuari berbulu banyak dan warna-warni. Ayam bekisar pun beterbangan setiap saat, sampai terheran bahwa ayam dapat terbang di sini. Tanaman jelatang mulai mengganggu di sini. Sejenis tanaman yang daunnya ditumbuhi bulu-bulu yang menyebabkan gatal jika dipegang oleh tangan. Tiba di Cisentor (sebuah sungai yang sangat jernih mengalir di situ). Camping, makan malam, dan acara bebas. (B,L,D)

Hari 3 : Cisentor  – Puncak Rengganis  – Taman Hidup – Camping

Argopuro

Argopuro

Pukul 03.00 Bangun tidur dan bersiap untuk melakukan summit attack. Pukul 03.30 Perjalanan menuju puncak Rengganis dari camp Cisentor. Kita akan melewati Rawa Embik dan beberapa savana di jalur ini. Perjalanan akan semakin mendaki begitu mendekati puncak Rengganis. Beberapa bekas petilasan candi mulai terlihat di puncakan bukit, dan itu berarti sebentar lagi kita akan tiba di puncak Rengganis (Puncak Rengganis adalah puncak yang menjadi target utama pendakian Argopuro). Puncak yang masih rimbun oleh pepohonan, di bawah terdapat sisa petilasan candi, pertanda bahwa di jaman dahulu pernah ada aktifitas kehidupan maupun ritual keagamaan di sini. Di beberapa titik tercium aroma solfatara. Argopuro adalah sisa dari volcano tua yang telah mati. Jika cuaca cerah, akan terlihat barisan pegunungan yang membentang di timur dan di barat pegunungan Iyang. Pukul 08.00 trekking turun menuju ke camp Cisentor. Tiba di camp Cisentor. Makan pagi dan persiapan untuk pendakian berikutnya. Perkiraan pukul 11.00 melanjutkan pendakian menuju ke Taman hidup, kita akan berjalan turun ke sisi yang berseberangan dengan jalur naik. Tujuan kita adalah desa Bremi, dan di tengah perjalanan akan melewati Danau Taman Hidup. Di danau ini kita akan bermalam. Trek turun ini relatif lebih pendek daripada ketika naik. Namun terasa lebih berat karena harus mendaki dan menuruni beberapa bukit. Rute lebih rapat oleh tumbuhan, pohon-pohon yang bertumbangan dan dipagari oleh beberapa tanaman jelatang. Sesekali masih akan melintasi beberapa buah savana. Tiba di danau Taman Hidup. Camping, makan malam, dan acara bebas. (B,L,D)

Hari 4 : Taman Hidup – Bremi (Probolinggo) – Transfer Out.
Danau Taman Hidup dikelilingi oleh bukit-bukit yang lebat oleh hutan tropis. Kabut tebal akan menutupi danau ketika bangun tidur nanti dan mulai tersibak seiring matahari yang mulai naik. Ada sebuah dermaga yang dibangun agar orang-orang dapat mendekat tepat menuju pinggir danau. Daerah tepian danau adalah tanah yang begitu becek. Makan pagi dan persiapaan untuk menuju desa Bermi (lokasi finish). Di perkirakan pukul 07.00 kita turun menuju desa Bremi. Kita akan melewati barisan hutan pinus yang masih tersisa hingga daerah perladangan dan kebun desa Bremi. Desa Bremi adalah desa terkenal di Probolinggo sebagai penghasil susu sapi perah. Tiba di Desa Bermi, istirahat dan kita bisa menikmati susu perah disana. Transfer out ke Surabaya/Malang, dan program Argopuro Trekking 4 Hari 3 Malam telah berakhir. (B,L)

Fasilitas :
– Transportasi (Surabaya/Malang – Baderan & Bremi – Surabaya/Malang)
– Logistic selama perjalanan
– Guide
– Porter
– Makan sesuai program
– Peralatan camping dan masak
– Tiket masuk gn. Argopuro (perijinan)
– P3K
– Asuransi

Belum Termasuk :
* Pengeluaran pribadi

Catatan :
– Hal yang harus dibawa/dipersiapkan:

  • Surat keterangan sehat dari dokter (foto copy 2x)
  • Foto copy KTP (kartu tanda penduduk)
  • Obat-obatan pribadi
  • Toilet kit
  • Baju secukupnya
  • Jaket paling hangat
  • Sandal atau sepatu trekking
  • Jas hujan/ponco
  • Head lamp/senter
  • Kaos kaki, sarung tangan, penutup kepala

Note :
* Informasi harga silahkan menghubungi customer service kami

Share the joy
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •